“STREET THEOLOGIANS”

Siapakah Para Street Theologians…

Seorang teolog yang baik adalah seseorang yang memiliki pengetahuan Firman Allah secara lengkap dan mendalam, serta memiliki kecakapan atau kemampuan mempertahankan dan mempertanggungjawabkan apa yang menjadi keyakinannya berkaitan imannya. Kebanyakan teolog-teolog seperti ini hanya dapat ditemukan di dalam gereja-gereja atau seminari-seminari alkitab dan dalam jumlah yang sangat terbatas pada pelayan-pelayan penuh waktu.

Pada kenyataannya, setiap umat percaya memiliki hak dan kewajiban serta tanggung jawab yang sama untuk dapat mempelajari dan menyampaikan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan dengan baik dan benar dan tidak terbatas pada para hamba Tuhan saja. Untuk itulah diperlukan adanya usaha untuk membentuk lebih banyak lagi para teolog-teolog yang baik seperti ini, yang keberadaannya tidak terbatas oleh gedung-gedung gereja ataupun lembaga-lembaga seminari Alkitab melainkan berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat pada umumnya.

Setiap umat harus memiliki pengetahuan Firman Tuhan yang mendalam dan komprehensif sehingga sanggup untuk menyampaikan segala kebenaran Firman Tuhan dengan efektif kepada siapa saja yang ditemuinya dalam kehidupan nyata kesehariannya, dimanapun mereka berada dan dalam kondisi apapun yang siap untuk memberitakan kebenaran Firman Tuhan yang murni.

Para Street Theologians adalah orang-orang percaya yang memiliki pengetahuan Firman Tuhan secara lengkap dan mendalam serta memiliki kemampuan dan kecakapan dalam menyampaikannya dalam segala situasi dan kondisi, kapanpun dan dimanapun mereka berada saat menjalankan aktifitas keseharian hidup mereka.

Konsep Street Theologians ini di formulasikan dari 3 dasar firman Tuhan:

“Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.” (2 Tim. 4:2 )

“Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,” (1 Pet. 3:15 )

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,¬† dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Mat. 28:19-20 )

Baca artikel terkait: Amanat Agung yang Terabaikan…